Jumat, Oktober 09, 2009

Madrasah Albarokah


Madrasah Albarokah brdiri puluhan tahun silam,dikelola turun temurun.pada awal thn 2007,mdrsh ini dipegang dan dikelola oleh ust.dadan rodiana bsrta kluarga.sehingga bnyk perubahan,dan santri2 pun bnyk yg mengaji.
Dan pd tgl 14 februari 2007,mdrsh ini resmi mnjadi MDA(madrasah Diniyyah Awwaliyah),yaitu sbuah lembaga pndidikan setingkat SD yg berada dibawah naungan Departemen Agama RI.
Dimasa pengelolaan ust.dadan,telah beberapa kali rehabilitasi bangunan MDA,namun sampai saat ini,bangunan yg ada sangat jauh dr ideal,karena hanya trdapat satu ruang kelas ditambah satu ruang kelas wakaf guna pakai dari ibunda ust.dadan.
Sampai dengan bulan juni 2009 ini,tercatat,MDA Albarokah memiliki santri sebanyak 120 orang,terbagi ke dalam 5 kelas,mulai dari kelas pra-istidad A,pra-istidad B,istidad,ula dan kelas tsani.
Karena keterbatasan tempat,maka kegiatan belajar santri dibagi dgn 3 waktu.Ba'da dhuhur(jam 2 pm)diisi oleh kelas pra-istidad A & B.ba'da asyar diisi oleh kelas istidad,dan ba'da magrib diisi oleh kelas ula dan kelas tsani.
MDA Albarokah memiliki empat orang Guru dan satu org asisten guru,yang mana seluruh guru di Mda ini adalah murni lulusan pesantren.adapun asisten guru adalah salahsatu santri paling senior yg juga menjabat sebagai rois am(lurah santri)di Madrasah Albarokah.
Selain memiliki MDA,madrasah Albarokah juga membentuk TPA(Taman Pendidikan AlQur'an)yaitu pendidikan dibawah MDA,setingkat TK.
Madrasah Albarokah juga memiliki TPQ(Taman Pendidikan ALQur'an)dan juga pengajian rutin ibu ibu.
Madrasah Albarokah memiliki POMG (Persatuan Orangtua Murid dan Guru),suatu badan sejenis BP3 di sekolah formal.
Pengurus POMG adalah terdiri dari para orangtua santri,untuk menjalin keselarasan antara pengurus Madrasah dengan orangtua santri agar tidak terjadi ketimpangan atau kesalahfahaman dalam
Kebijakan kebijakan Madrasah.

Tidak ada komentar: